184 - kali dilihat

Kegiatan Bimtek Inspektorat Daerah Sebagai Aparatur Pengawas

KEGIATAN BIMTEK NASIONAL – KEGIATAN BIMTEK INSPEKTORAT DAERAH SEBAGAI APARATUR PENGAWAS

Kegiatan Bimtek Inspektorat Daerah Sebagai Aparatur Pengawas, Bimbingan Teknis Aparatur Pengawas pada Inspektorat Kabupaten Gunung Mas Provinsi Kalimantan Tengah, Berikut kami informasikan kegiatan yang telah diselenggarakan :

LEDIKNAS

Inspektorat Daerah adalah salah satu Perangkat Daerah (PD) yang ada dalam lingkup Pemerintah Provinsi maupun dalam lingkup Pemerintah Kabupaten/Kota yang mempunyai tugas pokok dan fungsi melaksanakan pengawasan Internal dalam lingkup pemerintahan yang ada di Provinsi maupun Kabupaten/Kota. Dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan perlu adanya prosedur dan mekanisme pengawasan internal yang dapat melakukan pengawasan yang maksimal terhadap penyelenggaraan pemerintahan daerah. Namun secara faktual eksistensi dan kiprah unit pengawasan internal tersebut tidak dapat berjalan secara optimal disebabkan karena adanya beberapa hambatan dalam pelaksanaan tugas pokok dan fungsi kelembagaan.

Ada beberapa hambatan dan permasalahan yang dimiliki oleh Inspektorat Daerah dalam melaksanakan pengawasan dan pembinaan terhadap instansi pemerintah daerah, yakni hambatan internal maupun hambatan secara eksternal.Hambatan secara internal kelembagaan yakni kurangnya dukungan sumber daya manusia aparatur dan kurangnya dukungan sumber daya finansial dalam melakukan operasionalisasi kelembagaan. Sementara itu, tantangan secara eksternal dipengaruhi oleh kedudukan hukum dan kewenangan dari Inspektorat Daerah yang tidak terlepas dari bingkai politik praktis dan intervensi politik yang cukup tinggi terhadap eksistensi aparatur dalam Inspektorat Daerah.

PEMERINTAH DAERAH

Tugas utama pemerintah adalah bagaimana memberikan pelayanan kepada publik dengan baik. Untuk menentukan keberhasilan pelayanan publik tersebut perlu menentukan terlebih dahulu indikator-indikator keberhasilannya. Pengendalian intern adalah proses yang dapat dipengaruhi manajemen dimana pegawai dalam menyediakan secara layak sesuatu kepastian mengenai prestasi yang diperoleh secara obyektif dalam penerapannya tentang bagian laporan keuangan yang dapat dipercaya, diterapkannya efisiensi dan efektivitas dalam kegiatan operasional organisasi dan diterapkannya peraturan dan hokum yang berlaku agar ditaati oleh semua pihak, akan tetapi dalam penyelenggaraan pelayanan public Inspektorat sebagai institusi pengawas gungsional belum menjadi bagian utuh dari upaya peningkatan kualitas pelayanan publik.

Tautan permanen menuju artikel ini: https://www.lediknas.com/kegiatan-bimtek-inspektorat-daerah-sebagai-aparatur-pengawas/

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.